CLAN GET RICH? UNTUK APA?

FUNGSI CLAN GET RICH APA?



Halo teman-teman kreatif sekalian. Saya mau share pengalaman pribadi bermain game Line Let's Get Rich (ato di singkat LGR). Sebener ny saya udh lama main game ini, awal januari tahun 2015, tapi kemudian saya vakum main game lain, terus tertarik kembali untuk bermain dan mendalami game ini #jiah. Dan saya lumayan kaget, ketika masuk ke sebuah grup LGR, ternyata ada yg mempostingkan untuk menerima member baru untuk sebuah clan. Hmm, ini jelas aneh bagi saya karena tidak ada fitur sama sekali di game ini untuk sistem pembuatan clan.

Ketika saya baca syarat nya gag main-main, KTP/ Kartu pelajar + Foto Selfie di sertakan kertas bertuliskan nama clan. Bahkan yang untuk cewek harus bersedia video call/ voice call dengan ketua / pengurus clan. Saya cari-cari di google, saya ubrek-ubrek isi grup nya,
ternyata banyak sekali (banyak nya keterlaluan malah), yang memposting tentang perekrutan clan get rich. Rata-rata harus KTP dan selfie, ada juga yang ekstrim umur di batasi, kartu pendant dadu di batasi, dll. Saya pun heran setengah mati + aneh, kok bisa perekrutan serumit itu untuk seukuran game card board, atau istilah nya game kartu papan monopoly.

Meskipun saya gamer yang ya mungkin char saya tidak sedewa char punya orang lain, tapi saya juga pemain point blank, Dota (warcraft + dota 2), RF, Ninja Saga, Lost Saga, dll. Memang di sana ada istilah yang arti nya sama (clan, guild, dsb), tapi itu fitur jelas yang ada di dalam game, main nya pun rame-rame satu kali game. Ada turnamen, event yang mengharuskan 1 grup ikut bareng. Member yang ikut juga mendapat reward hadiah tergantung dari posisi dan pengaruh ranking yang ia mainkan.

Tapi di LGR bagaimana? Jelas tidak ada sama sekali fitur pembuatan clan, pemain LGR hanya menambahkan nick di depan nama sebagai identitas clan. Nimbrung di line sebagai alat percakapan, karena di LGR tidak ada tempat untuk chat, yang ada emoticon dan penunjuk kota untuk komunikasi. Ya wajar sih mungkin untuk tempat silaturahim, tempat berbagi clover, tapi gag segitu nya juga kali harus pake KTP + Selfie, emang nya harus ngelamar kerja? ato daftar kuliah?

Saya cari di google, ternyata LGR sendiri baru buat 1x tournamen resmi atas nama official yang menjanjikan reward yang ya lumayan lah untuk ukuran game ini, yaitu hadiah tunai 1jt rupiah untuk peringkat 1. Peraturan nya pun rumit, karena ternyata official tidak bisa memantau, si pemain/ player yang bertanding dan menang di haruskan mengirim SS bukti kemenangan. Jelas donk ini bisa di manipulasi, contoh yang sederhana SS bisa di edit. Contoh lain, saya bisa saja mengubah char dengan nick, kartu, pendant yang sama dengan calon musuh saya, tinggal saya mainkan berdua dan sengaja di kalahkan, karena nickname di LGR tidak menggunakan sistem unique nick, ato bisa di bilang kita bisa sesuka hati menggunakan nickname sama untuk beberapa puluh char sekali pun.

Sistem nickname yang tidak unique ini juga dapat bermasalah untuk 'yang kata nya' punya clan LGR. Contoh sederhana saya bisa gonta-ganti nick sesuai dengan clan apa saja. Karena huruf depan saja yang di ganti dan cuma mengorbankan 20 diamond, berbeda dengan game lain contoh nya saja RF yang ganti nick harus membeli item cash, Dota yang jelas tidak memungkinkan untuk ganti nick. Susah nya mengganti nick di haruskan agar tidak terjadi penipuan, kecurangan, kejahatan, dll, karena mereka harus pikir matang-matang untuk sekali berbuat tidak wajar berarti selama nya nick nya akan tercemar. Berbeda dengan LGR dimana 20 diamond sangat mudah di dapatkan, Saya pun bisa saja bebas gonta-ganti nick Line, pakai nama Clan ini itu, SS dan bawa nama buruk serta sebarkan di sosial kalo saya berfikir jahat.

Selain itu fitur clan juga sudah ada di game lain, tanpa harus ganti nick, player di game lain sudah bisa membawa nama Clan. Contoh nya saja RF, yang nama clan (di sini guild) dan logo nya mengambang di atas nickname. Atau kita bandingkan dengan sesama game mobile, yaitu Clash of Clans (CoC), yang juga identitas clan nya udah bisa di lihat tanpa harus mengganti nick. Ya karena itu sudah jelas game yang sudah mempunyai fitur clan, dan berguna untuk event war serta dapat reward dari clan yang di ikuti.

Oke kembali ke LGR dan pengalaman saya, karena penasaran, saya pun ikut salah satu clan di LGR, karena ingin melihat seperti apa isi clan, apa yang di bahas, dan apakah ada event tournament, walaupun agak aneh bagaimana menyelenggarakan tournament get rich kalo bukan dalam 1 tempat yang sama. Saya pun cari clan yang tidak harus foto selfie atopun scan ktp. Dan ternyata ada, ya walaupun isi nya kebanyakan para newbie tapi gag apa lah tujuan nya cuma penasaran.

Ternyata isi percakapan cuma masalah mabar (main bareng), sparring, curhat-curhat gag jelas dan event-event turnament yang entah dari siapa dapat nya dan tentu saja gag ada info reward nya. HP berbunyi siang malam, saya matikan chat line ny karena risih, tetap saja hape jadi berat karena chat grup jalan terus. Dan saya pun cuma betah 1 hari, besok nya saya sudah keluar dari grup clan nya, dan juga saya belum ganti nick karena memang niat akan keluar kalo ada yang protes kenapa belum ganti. Gag kebayang ada clan yang mengharuskan member chat minimal ngasih kabar, itu berarti chat di line harus jalan terus tiap menit.

Ya isi percakapan gag penting dan buat risih, gag bisa ngebayangin kalo ada clan member nya lebih dari 100, bisa-bisa hang itu HP. Dan sudah fix, tidak ada tournament, istilah clan juga tidak ada dalam LGR, bahkan di tournament resmi pun, LGR tidak pernah menyebutkan istilah clan, yang ada bermain secara team 2vs2, bukan 10vs10 ato 5vs5 ato dari clan yang sama. Dan satu yang membuat saya geli, ternyata clan ada sertifikat, entah di buat siapa ato di buat-buat oleh siapa. Mungkin Pak Presiden Jokowi, ato Gubernur Ahok yang tanda tangan di sertifikat nya, mungkin.

Ya bukan maksud hati ingin merendahkan orang-orang yang membuat clan, tapi aneh bro mengapa membuat-buat sesuatu yang bukan pada tempat nya. Satu kata yang pasti adalah, clan LGR ini di buat karena keinginan bermain bersama dan rasa ikut-ikutan terhadap game sebelah (CoC). Penutup akhir saya buat kekurangan dan kelebihan ikut 'yang kata nya' clan get rich.

Kelebihan:

  • Menambah teman (line), berguna untuk share, berbagi ilmu pendapat, berbagi clover, dan share2 lain. Mungkin ada juga yang cari jodoh.
  • Ikut Trend (mungkin di pikir keren nick depan nya ada singkatan-singkatan).
Kekurangan:
  • Chat line pasti penuh, ketinggalan sejam sudah gag mungkin ikut obrolan karena udah ketinggalan jauh. Data terkuras dari chat line, apalagi yang share foto.
  • Hp bunyi terus (di akali dengan mematikan notif grup nya) dan aplikasi jadi berat.
  • Tentu saja Nick seragam, kalau saya pribadi sih malu karena mirip anak playgroup.
  • Ada Clan yang harus ganti nick line, jujur kalo saya ini tidak bisa karena akun saya line pribadi.
  • Foto Selfie bertuliskan clan dan KTP, ini yang paling tidak masuk akal dari semua persyaratan. Gag ada fungsi, dan saya peringatkan yang udah atau mau kasih kartu identitas kalian, hati-hati banyak penipuan. Identitas kalian bisa disalahgunakan
Ya dari sekian banyak persyaratan saya paling tidak masuk akal adalah KTP/ Kartu Pelajar. Untuk clan yang harus mencantumkan itu saya mau bertanya pada anda. Apakah anggota clan anda di gaji? apakah anda mampu menggaji anggota clan anda minimal 100rb perbulan/ perminggu/ perhari? Apakah saya dapat diamond perbulan? dapat gold perbulan dari clan? Apakah ada tournament yg clan anda ikuti hadiah jutaan rupiah? Kalau kalian tidak bisa jawab pertanyaan itu, udah pasti 'yg kata nya' CLAN LGR ITU HANYA LAH SEBUAH GRUP RUMPI.

21 komentar:

  1. Setuju bro ama ente.
    Awalnya gw juga mikir begitu.. Kok aneh lgr ada clan2an, padahal di game pun nggak ada fitur clan/guild dsb. Event pun meskipun hadiah yang ditawarkan 1 juta (mungkin yang baru kelihatan, ya..) Menurut ane itu nggak worth it. Kalo itung2an sederhana aja 1 juta dibagi jumlah member clan 10 orang aja, menang per orang cuma dapet 100k. Sementara modal yang dikeluarin ane yakin lebih dari 100k, itu pun kalo juara 1.

    Terus eventnya dari siapa? Kalo misalkan LINE sendiri yang ngadain tourney2 seperti itu okelah masih masuk akal karena lgrnya sendiri nimbrung sama line. Dan sampe saat ini ane belom pernah denger berita tourney2 LGR kayak tourney2 game online umumnya.

    Ane pribadi ngerasa adanya clan2 LGR ini ane masih ngeliat lebih banyak negatifnya daripada positifnya. Dari mulai persyaratannya yang sampe fotokopi ktp segaladan foto selfie, voice chat/video call buat yang cewek? Gw rasa itu udah berlebihan. Dan lebih kearah modus kalo yang ane liat gan.
    Toh, ini bukan game kayak dota ato cs yang memang tourneynya sudah internasional dan hadiahnya ratusan juta rupiah.

    Boleh2 aja sih ikut2 clan gitu.. Buat nambah teman, silaturahmi.. Tapi ane saranin buat player2 yang mau ikut clan mesti pinter2 memilah dan membatasi kalo memang dirasa udah keterlaluan, jangan sampe gara2 game kita jadi terlibat dalam sesuatu yang buruk dan merusak diri.

    Gw cuma khawatir soalnya ngeliat yang kayak gini. gw juga penyuka game online dari dulu tapi gw nggak pernah gitu2 amat kayaknya wkwk

    Harusnya post-an bagus punya agan dipublikasiin lebih luas nih gan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentar nya gan.
      saya hanya menyalurkan pendapat aje, soal nya aneh get rich pake clan.

      Hapus
  2. Nahh gw jg setuju nich bikin bingung ajja apa itu clan LGR, perasaan gk ad fitur clan di LGR makanya smpe cari di mbah google ktemu am blog ini..
    Ane ajja yg udh 2 taon lebih maen COC gak smpe sgitunya persyaratannya, hadehh ada² ajja,,

    BalasHapus
  3. Setuju.. kalo masalah clan gpp mungkin buat nyari banyak teman.. yg aku anehin itu kalo join clan syaratnya kayak orang daftar kerja.. trus sertivikatnya abal2 alias bikinan sendiri.. haha

    BalasHapus
  4. Dan anehnya sekarang ada komunitas LGR.. padahal kalo mau bikin komunitas harus jelas..harus ke notaris dsb..

    BalasHapus
  5. Apa yg disebut kecemburuan ato apalah itu sudah terrefleksi pada semua yg sudah perbendapat sepihak seperti yg diatas saya, pendapat itu boleh tapi sifat.nya harus membangun bukan.nya menjatuhkan, kalo memang nggak suka sekedar komentar aja jangan sifat.nya menyerang, kalo sampek terdengar sama pihak yg merasa tersindir terus nggak terima ini juga termasuk kejahatan cyber karena menyindir nama / pihak yg bersangkutan

    BalasHapus
  6. Deg degan tuh paa ketemu tim 1 clan, semoga ga pake char terbaru :D

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Modusnya para cowok doang bikin clan pakai KTP, kalau ada cewek join bisa disamperin wkwkwk tapi lumayan lah ada tandanya, kalau ada tanda clan, pasti tuh karakter dadu pendant sudah kayak sultan arab yang main mending nggak dilawan, nggak seru. seru kalau lawannya imbang

    BalasHapus
  9. Add aku ya
    Id: suryawinaldiyakin

    Saling bagi clover ya.............

    BalasHapus
  10. Id: 089638707083 cari temen gan

    BalasHapus
  11. akhirnya saya tercerahkan :v

    BalasHapus
  12. gue baru ngrasain nii gan masuk clan,penasaran juga apa isi grubnya.

    BalasHapus
  13. Ya boleh lah kalian anggap sprti apa2 tp kan smua gk hrus mmbtuhkan prysrtan , gua pny team LGR cman itu buat asik2 an itu smua jga anak2 tmn gua sndri , gk shrus dan gk ada prsyrtanya , cuman buat asik2 an aja klau group pngen maen bremg dan ngopi breng kan enak tinggal pendapat per orang mau dbwa kmna game ini klau gamers kan menikmati bukan mencaci maki , gua jga main dota jga thanks guys

    BalasHapus
  14. Numpang nimbrung dongg
    Cara keluar dr clan lgr gmn ya?
    Nyesel udh masuk tp gk bisa keluarrr

    BalasHapus
  15. Gimana cara keluar clan? Ada yg tau? Saya nyesel masuk clan karena pada silent reader semua

    BalasHapus