Game Detektif Untuk Referensi


Mulai dari novel, cerita pendek, film layar lebar hingga kartun yang bertemakan perjalanan seorang detektif menguak sebuah misteri telah lama menjadi kegemaran banyak orang. Siapa yang tidak suka menjadi karakter protagonis nan karismatik yang berusaha menghentikan pekerjaan sadis si psikopat? Dalam jejeran game-game petualangan ternama, kita dapat menemukan banyak judul-judul yang mengisahkan perjalanan seorang detektif mencari kebenaran. Baik diangkat dari novel, film atau bahkan berdasarkan sebuah kisah nyata, berikut ini kumpulan 10 game detektif terbaik yang telah dirangkum oleh Seputargame:




10. Black Dahlia

Peringkat sepuluh kali ini ditempati oleh Black Dahlia. Sebuah game yang memadukan pembunuhan sadis, para Nazi dan fenomena supranatural. Bersettingkan pada tahun 1940, anda akan memerankan Jim Pearson, seorang detektif yang bekerja untuk COI (yang dikemudian hari bertransformasi menjadi CIA). Ditengah menangani penyelidikan atas pembunuhan sadis seorang perempuan bernama Elizabeth Short, Jim menemukan banyak kejanggalan. Selain penyelidikannya dihambat oleh atasannya sendiri yang seakan tidak ingin kasus ini terbongkar, Jim juga menjumpai banyak kejadian aneh yang mengarah pada keadaan supranatural.

Meskipun ending dari game ini terkesan nanggung dan penuh dengan teka-teki yang belum terselesaikan, overall game ini menarik untuk anda coba. Apalagi cutscene yang diperankan aktor sungguhan membuat Black Dahlia terasa realistis. Bicara tentang realistis, Black Dahlia adalah sebuah kasus yang benar terjadi pada akhir tahun 1940-an di Amerika, pembunuhan sadis yang melibatkan banyak petinggi pemerintahan sehingga penyelidikan kasus mutilasi Elizabeth Short ini dihentikan ditengah jalan.



9. Danganronpa

Beranjak dari kasus Black Dahlia yang membuat bulu kuduk merinding. Pada posisi kesembilan ditempati game detektif dengan tampilan anime jepang, Danganronpa. Danganronpa yang dikeluarkan tim Spike Chunsoft untuk konsol handled PSP ini lebih mirip sebuah novel pembunuhan yang di visualisasikan dalam bentuk game. Game ini termasuk sukses karena pada tahun 2010 kemarin game yang aslinya hanya ada di PSP ini di import ke sistem IOS dan Android, selain itu dua buah manga dan dua buah novel serta sebuah seri televisi juga lahir berdasarkan cerita game ini.

Khas cerita-cerita Jepang lainnya, Danganronpa mengambil lokasi cerita di sebuah sekolah elit bernamakan Hope's Peak Academy (dalam bahasa Jepangnya Kibogamine Gakuen). Sebuah sekolah yang hanya menerima murid-murid bertalenta khusus dan satu orang murid yang beruntung dan dipilih secara acak dari banyak kandidat. Cerita bermula ketika Makoto Naegi beserta 14 murid lainnya terjebak di sebuah ruang kelas didalam gedung sekolah. Seiring berjalannya cerita, satu-satunya cara untuk bertahan hidup bagi murid-murid ini adalah saling membunuh tanpa diketahui murid lainnya.



8. Hitchcock: The Final Cut

Tidak lantaran menenteng nama besar sutradara ternama, Alfred Hitchcock membuat game ini menduduki peringkat delapan. Meskipun game ini banyak dilewatkan para gamer, namun sebenarnya Hitchcock: The Final Cut tidak menawarkan cerita yang sembarangan. Dalam game ini anda memerankan detektif swasta bernama Joseph Shamley yang dibayar untuk menyelidiki peristiwa aneh, dimana secara misterius seluruh kru film Hitchockesque Motion Picture menghilang. Tidak menawarkan ending murahan, game ini membuat anda menelusuri ranah supranatural lebih jauh. Seiring berjalannya cerita, anda akan menemukan banyaknya tulang belulang yang terkubur sejak lama di lokasi shooting dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kejadian janggal yang menimpa para kru. Seusai bermain, dijamin anda akan mendapatkan cerita yang tidak terlupakan dari game ini.



7. Jack Orlando: A Cinematic Adventure

Periode 1930-an di Amerika Serikat menjadi tahun-tahun yang menarik setelah minuman keras dilarang untuk diperjual-belikan. Dalam game ini anda berperan sebagai seorang detektif swasta bernama Jack Orlando yang tampaknya sedang berada di jurang kehancurannya. Karirnya berantakan ketika ia ditemukan tersadar di sebuah gang dengan seonggok mayat disampingnya, beruntung bagi Jack ia memiliki teman di kepolisian yang berhasil meloloskannya dari penjara. Sekarang Jack hanya punya waktu 48 jam untuk membersihkan namanya dan menangkap orang yang telah menjebaknya.

Game ini dikemas dengan apik lengkap dengan atmosfir yang menegangkan dan menantang anda untuk menyelesaikan setiap misinya. Director Cut dari versi game ini lebih bagus lagi dengan dimasukannya beberapa konten tambahan serta peningkatan dalam segi grafis dan musik.



6. Daemonica

Peringkat ke enam diisi oleh satu lagi game petualangan bertema detektif yang dibumbui unsur-unsur mistis. Daemonica mengajak anda mengunjungi abad pertengahan di Inggris, tepatnya di sebuah desa bernama Cavorn. Sebagai seorang detektif berkemampuan khusus yang dapat berbicara dengan orang mati, Nicholas Farepoynt ditugaskan untuk menyelesaikan kasus terbunuhnya seorang wanita muda. Meskipun spekulasi dini menunjukkan bahwa pelaku pembunuhan tersebut tidak lain adalah tunangan korban, penyelidikan lebih lanjut Nicholas menjadi semakin rumit dan perlahan satu persatu bukti berpaling dari sang tunangan menuju sosok yang lebih misterius. 

Banyak momen dalam game Daemonica yang akan mengejutkan anda selagi bermain, ditambah dengan jalan cerita yang gelap dan misteri yang harus diungkap.



5. Blade Runner

Game ini diangkat dari sebuah film dengan judul yang sama. Namun jangan khawatir apabila anda belum pernah menonton filmnya, karena game ini menawarkan jalan cerita yang berbeda dari versi film dan dapat anda mengerti dengan baik. Game ini tampaknya mengambil setting di sebuah dunia alternatif dimana seekor binatang peliharaan adalah barang yang langka dan mahal, hal itu terlihat jelas dalam alunan jalan cerita yang menempatkan anda sebagai seorang detektif ternama Ray McCoy, yang mana dibekali tugas untuk menemukan serta menghabisi komplotan penjahat yang bertanggung jawab atas perampokan para binatang langka tadi. 

Menawarkan cerita yang fresh, Blade Runner menyediakan 13 ending berbeda yang dapat anda temui berdasarkan pilihan tindakan yang anda pilih.



4. Heavy Rain

Kita bicara soal grafis pada peringkat empat kali ini... Heavy Rain adalah sebuah game yang dikemas menyerupai sebuah film. Dalam Heavy Rain anda memainkan sekaligus menyaksikan 4 orang protagonis berjuang keras menangkap Origami Killer, seorang pembunuh berantai yang terkenal senang menenggelamkan anak-anak. 4 orang protagonis tersebut ialah: Seorang ayah yang anaknya diculik, seorang jurnalis, detektif swasta, dan seorang agen FBI. Secara bergantian keempat orang ini akan anda gunakan sepanjang permainan dan bukti-bukti yang mereka temukan secara terpisah akan membantu anda menemukan siapa sebenarnya identitas dibalik Origami Killer.

Meskipun banyak menjadi guyonan karena beberapa akting suara yang aneh dan gameplay yang terkadang menyulitkan player, Heavy Rain adalah salah satu game papan atas dan juga menyuguhkan beberapa ending alternatif yang dapat anda capai.



3. Alan Wake

Alan Wake berhasil memvisualkan sebuah novel menjadi proyek game besar dengan langsung meletakkan anda sebagai seorang penulis yang "terhisap" ke dalam buku karangannya sendiri. Terdengar absurd? Coba dulu mainkan game yang satu ini, maka anda akan keranjingan dan penasaran bagaimana lanjutan cerita yang akan ditawarkan Alan Wake pada misi berikutnya.

Bercerita mengenai seorang penulis yang masuk kedalam dunia fantasi yang tampak nyata dalam sebuah cerita karangannya sendiri. Dalam ceritanya tersebut ia harus berjuang melawan sisi gelap yang ada dalam dirinya, hal yang secara tidak langsung ia dapatkan dari kebiasaan istrinya menyalakan semua lampu karena takut terhadap gelap atau lebih dikenal dengan nyctophobia. Selama permainan, anda harus menemukan lembar demi lembar lanjutan skrip yang ditulis oleh Alan, berbekal senter dan beragam senjata, anda harus berjuang untuk menyelesaikan cerita yang Alan mulai.



2. Still Life

Sebuah plot kejahatan sempurna diringkas menjadi sebuah game berkualitas. Anda bermain sebagai Victoria McPherson, seorang agen FBI yang mengejar seorang pembunuh ternama di tengah kota Chicago. Anda akan berlomba dengan waktu ketika ditengah permainan sudut pandang anda berubah menjadi kakek kandung Victoria, melakukan Investigasi pararel yang berbeda masa namun saling berkaitan erat. Rasanya game ini wajib untuk kamu jajal, bagi saya pribadi, tidak ada plot cerita yang lebih baik dibandingkan game ini.



1. L.A Noire

Apa yang lebih baik dari game detektif yang digarap super serius? L.A Noire adalah game yang mendapatkan respon positif bahkan dari kalangan orang yang tidak begitu menyukai game bergenre petualangan. Dengan grafis yang luar biasa, apalagi pada segi ekspresi wajah dan cerita juga pendalaman karakter yang baik lewat jalan ceritanya, tidak mengejutkan apabila L.A Noire berada di peringkat satu dalam list ini.

Dalam cerita L.A Noire, anda akan berperan sebagai Cole Phelps, seorang petugas kepolisian yang tampaknya merupakan satu-satunya polisi jujur di kota Los Angeles pada tahun 1947. Namun pertanyaannya adalah, berapa lama Cole Phelps dapat bertahan ditengah korupnya instansi dimana ia bekerja, dikelilingi oleh kawan-kawannya yang memiliki intrik tersembunyi? Butuh 25 misi dalam 5 depatemen kepolisian yang berbeda harus anda jalankan untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar