Anagram, Plesetan dan Hubungan dengan Perfilman

Anagram adalah salah satu jenis permainan kata yang huruf-huruf di kata awal biasanya diacak untuk membentuk kata lain atau sebuah kalimat. Anagram sering dipakai sebagai kode. Permainan yang menggunakan anagram antara lain adalah scrabble dan boggle. Dalam kedua permainan ini, pemain berusaha membentuk kata-kata dari huruf yang disediakan.

Plesetan atau yang biasa disebut sebagai perubahan bentuk kata yang mirip dengan makna pragmatik yang baru pula. Plesetan dapat berupa humor tingkat tinggi maupun tergolong dalam bentuk kritik secara tidak langsung. Timbulnya plesetan dapat diakibatkan oleh adanya bentuk yang sama dan memiliki sebuah kecenderungan untuk menjadi populer. Umumnya bahasa plesetan dapat berupa kata maupun kelompok kata.

Robert Sibarani (dalam Antonius, 2008)
menyatakan bahwa istilah kata-kata plesetan merpakan suatu hasil dari proses pembentukan kata dengan cara memplesetkan sebuah kata sehingga makna katu itu bertambah dari maknanya semula. Plesetan bahasa, sebagai sebuah proses, pada akhirnya akan memperlihatkan jenis bahasa plesetan yan terdapat dalam bahasa Indonesia.

Mungkin teman-teman ada yang belum tau bahwa di film-film yang kita tonton keseharian, banyak sekali yang memanfaatkan Anagram dan Plesetan, berikut adalah beberapa film menggunakan anagram dan plesetan tanpa kita sadari.

Dalam serial Harry Potter 
nama "Tom Marvolo Riddle" anagramnya adalah "I am Lord Voldemort"

Tokoh-Tokoh Dragon Ball
Ini adalah film kartun yang populer waktu zaman saya masih kecil, hehe. Ternyata nama tokoh-tokoh nya menggunakan Anagram.

Saiya (Bangsa di Film ini) merupakan kebalikan dari yasai (bahasa jepang) yang artinya sayur. Maka dari itu semua bangsa saiya di beri nama sayur

Kakarot (Goku) = Carrot - Wortel
Raditz (kakak Goku) = radish - lobak
Vegeta = vegeta/vegetables - sayuran (Vegeta di artikan sayuran karena dialah sayur tersebut (Pangeran Sayur mungkin bisa di artikan, haha))
Broly = broccoli - brokoli

Bardock (ayah goku) = Burdock, sayuran sejenis akar2an.

Piccolo berasal dari nama alat musik yang bernama sama, piccolo.

keluarga Bulma berdasarkan pakaian
Bulma, dalam ejaan Jepangnya adalah Bruma, dari bahasa Inggris bloomer. Artinya: Celana dalam wanita, umumnya dipakai buat olahraga .
Trunks - celana dalam pria
Bra(yang ini saya yakin kalian semua tau :D )


Anak goku berdasarkan makanan.
Gohan - nasi
Pan (anak Gohan) - roti


keluarga satan berdasarkan nama setan
Satan     setan
Videl     anagram dari devil yang bermakna iblis


Ardneh's Sword (buku) merupakan anagram dari Hendra (mungkin nama penulis)

Tokoh-tokoh Film dan Komik Detektive Conan
Conan Edogawa = Gabungan dari Conan Arthur Doyle (penulis Sherlock Holmes) + Ranpo Edogawa (penulis akechi - novel detektif juga)
Ran Mouri. Asal nama Maurice Leblanc = Mōrisu Raburan
    Maurice Leblanc adalah seorang novelis Perancis dan pencipta pencuri pria fiksi terkenal Arsène Lupin.

Buah Iblis Pada Film dan Komik One Piece
Gomu-gomu = gomu arti nya karet, buah pemeran utama, rufi
Mera-mera = Mera arti nya Api, buah kakak rufi
dan masih banyak lagi Buah Iblis lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar